Hajar Brunei Darussalam 8-0, Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF U-18

Nafas panjang sepertinya pantas dihembuskan oleh Timnas Indonesia U-19 yang baru saja berlaga dalam babak penyisihan Grup B Piala AFF U-18 di Yangon, Myanmar hari Rabu (13/9) sore. Kenapa begitu? Karena usai perjuangan 2×45 menit, tim asuhan Indra Sjafri memastikan lolos ke babak semifinal setelah mengancurkan Timnas Brunei Darussalam.

Tak main-main, Egy Maulana Vikri dkk berhasil meraih kemenangan dengan hasil spektakuler. Di mana Indonesia mampu membuat Brunei pulang dengan skor delapan gol tanpa balas. Atas hasil luar biasa ini, Indonesia tak perlu memusingkan hasil Vietnam vs Myanmar karena mereka sudah memastikan satu tiket ke babak semifinal.

Lumat Brunei Tanpa Ampun

Pertandingan terakhir Grup B yang digelar di stadion Thuwunna, Yangon ini memang membuktikan kalau Timnas Indonesia bukan tim yang bisa diremehkan. Karena belum genap satu menit babak pertama dimulai, Indonesia sudah unggul lewat gol M Rafli Mursalim. Aksi gol Rafli tercipta setelah dengan cerdas memanfaatkan kesalahan bek Brunei, Azirul Asmadi Aji.

Tak berhenti, sang bintang lapangan poker online yakni Egy berhasil menciptakan gol kedua di menit ke-18. Kala itu Egy lolos dari jebakan offside dan melewati kiper Amir Hakim. Gol ketiga untuk Indonesia disumbangkan kembali oleh Egy dengan cara yang sama seperti gol sebelumnya pada menit ke-23. Memasuki jelang akhir babak pertama, Garuda Nusantara enggan berhenti karena Witan Sulaeman menyumbangkan gol di menit ke-41. Gol terakhir Indonesia pada babak pertama dicetak lagi oleh sang striker tunggal, Rafli, pada menit ke-42. Seolah kurang, Rafli berhasil memberikan hat-trik lewat gol ketiga pada menit ke-45+1.

Tekanan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya bagi Timnas Indonesia sepertinya jadi mimpi buruk untuk Brunei. Di menit ke-67, Witan mengikuti jejak Egy yang menyumbang dua gol di laga ini setelah menerima umpan sepak pojok dari Samuel Cristianson. Tak mau kalah dengan pemain inti, sosok Hanis Saghara yang menggantikan Rafli justru berhasil mencetak gol ketujuh di menit ke-68. Indonesia sendiri mengakhiri pembantaian terhadap Brunei dengan skor 8-0 sampai babak kedua berakhir.

Lawan Selanjutnya Malaysia Atau Thailand

Kemenangan mutlak ini membuat Indonesia memuncaki klasemen Grup B dengan koleksi sembilan poin dan kepastian lolos ke semifinal karena selisih surplus gol hingga 15. Kendati posisi mereka sama seperti Vietnam, tapi produktivitas gol Indonesia lebih unggul. Tak heran kalau hasil ini memaksa Myanmar melakoni laga hidup-mati melawan Vietnam pada Rabu (13/9) pukul 18.00.

Vietnam sendiri lebih diuntungkan karena hanya perlu bermain minimal imbang untuk mendampingi Indonesia ke babak semifinal. Sementara Myanmar sang tuan rumah harus menang dengan sedikitnya selisih dua gol. Andai Vietnam imbang atau mengalahkan Myanmar, maka Indonesia akan menjadi runner-up Grup B dan bakal menghadapi Malaysia, sang juara Grup A.

Namun jika Myanmar membuat kejutan dengan menaklukan Vietnam sebanyak 3-0 atau lebih, maka Indonesia akan tetap menjadi runner-up Grup B. Beda kondisinya jika Myanmar cuma mampu menang 2-0 dari Vietnam, Indonesia akan menjadi juara Grup B dan melawan Thailand yang berstatus runner-up Grup A.

Laga semifinal Piala AFF U-18 2017 sendiri dijadwalkan berlangsung di stadion Thuwunna, Myanmar pada hari Jumat (15/9). Memiliki jeda waktu sehari untuk istirahat, tentu saja skuad Sjafri ini diharapkan bisa memberikan hasil maksimal tak peduli siapapun lawan mereka nanti. Tetap berjuang Garuda Nusantara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *